Pentingnya Promosi di Ruang Publik
Pentingnya Promosi di Ruang Publik
Jika Anda melangkahkan kaki ke pusat-pusat perbelanjaan atau mall,
pasti pandangan mata tidak akan melewatkan kerlap-kerlip Huruf Timbul yang
menandai nama toko. Pemandangan seperti ini juga lazim ditemui di
pinggiran jalanan utama kota-kota besar. Berbagai nama perusahaan atau
merek ternama selalu menghiasi sudut-sudut kota dan mall. Orang yang
belum mengetahuinya biasa menyebut sebagai papan iklan yang seringnya
diabaikan karena telah menjadi pemandangan biasa di ruang publik. Namun
bagi para advertiser dan pengusaha, hal-hal semacam itu haruslah
dipikirkan dan diterapkan secara serius. Itulah keunikan dari strategi
periklanan. Kita mungkin menganggapnya sebagai hal biasa. Tapi ingatan
mengenai nama-nama yang tertera dari setiap huruf tersebut telah
membekas dalam alam bawah sadar kita.
Setiap pihak yang terjun langsung dalam bidang promosi juga menyadarinya
sebagai bagian terpenting untuk memperluas segmen pasar. Di jaman ini,
promosi sebuah produk dan jasa tidak boleh diabaikan begitu saja. Oleh
karena itu, ada banyak pengusaha yang rela mengeluarkan sejumlah
anggaran demi pembuatan media promosi semacam itu. Bahkan, biaya
pembuatannya pun cukup tinggi jika huruf timbul yang dibuat dalam skala
dan ukuran besar. Meskipun demikian, biaya tersebut juga bisa diakali
berdasarkan ukuran dan material. Saat ini, ada banyak Jasa Pembuatan Huruf Timbul yang
menawarkan biaya dengan tarif ekonomis. Akibatnya, persaingan promosi
di antara berbagai merek dan perusahaan pun kian jelas terlihat di
ruang-ruang publik.
Selain pembuatan huruf timbul, banyak juga yang menggunakan Neon Box sebagai
sarana promosi. Biasanya, media tersebut diletakkan tepat di bagian
depan sebuah toko atau kantor. Salah satu daya tarik dari Neon
Box ialah keunikan pada desain yang sangat menarik perhatian. Apalagi
jika dibuat secara serius dengan kreativitas tingkat tinggi. Misalnya
dengan lampu warna-warni dan diletakkan pada ketinggian tertentu atau
juga dengan bentuk-bentuk yang unik. Anda mungkin sering melihatnya di
hotel atau tempat-tempat hiburan malam. Sementara itu, media promosi ini
sangat efektif diletakkan di pinggir jalan ketika malam hari. Selain
sebagai papan identitas, media ini sangat berguna untuk menerangi lokasi
di sekitar toko.
Nah,
dari sekian banyak media tersebut, kita seakan diingatkan bahwa sarana
promosi konvensional masih memegang peranan penting. Dalam hal ini,
konvensional berarti dalam bentuk, gaya dan bukan melalui internet. Kita
tahu bahwa kemajuan teknologi informasi telah memudahkan banyak pihak
untuk melakukan promosi. Melalui internet, orang bisa menghemat banyak
biaya promosi dibandingkan dengan produksi papan-papan iklan dalam
ukuran besar. Namun, pada akhirnya, pelaku bisnis masih membutuhkan
sarana promosi konvensional. Apalagi, masyarakat cenderung lebih
menyukai hal-hal yang bisa ditemui dan disaksikan secara langsung di
dunia nyata. Perkembangan ini sangat menakjubkan karena strategi promosi
harus bisa diterapkan secara dinamis antara dunia offline dan online.
Hingga saat ini, ada banyak permintaan produksi untuk berbagai media
promosi. Selain huruf-huruf bercahaya yang menarik perhatian, kita
sering menjumpai Billboard dalam berbagai ukuran.
Barangkali, media tersebut merupakan salah satu bentuk klasik dari
promosi. Bagaimanapun juga, orang akan sangat tertarik pada hal-hal
berukuran besar yang menarik perhatian saat mereka melintasi jalan. Fenomena
ini semakin membuktikan bahwa strategi promosi harus selalu
mempertimbangkan faktor psikologis bagi para konsumen. Jika mereka
sering menemui nama merek tertentu di berbagai ruang publik, maka
lambat-laun mereka akan terbiasa dan semakin akrab dengan produk
tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar